discover.gif

Sub Agent Login






Lost Password?
emirates.gif
Tips Cegah Mabuk Perjalanan PDF Print E-mail
Anda tengah merencanakan perjalanan jauh bersama anak-anak pada liburan sekolah kali ini? Jika ya, selamat untuk Anda! Namun tetaplah berhati-hati karena perjalanan tidak selamanya menyenangkan, terutama kalau anak mengalami mabuk perjalanan.


Read more...
 
Paris, Paris and Paris PDF Print E-mail
 

Medali Arago

Paris - Cakram logam mungil itu sudah lama disebar di jalanan Paris, Prancis. Tapi sejak Dan Brown dalam novel The Da Vinci Code mengungkapkannya sebagai kode rahasia Leonardo Da Vinci, para turis memburunya untuk membuktikan pesan sang maestro...


Cakram logam itu bernama Medali Arago. Diameternya 12 cm dengan ukiran nama ARAGO dan petunjuk utara dan selatan.

Medali ini dibuat pada 1994 oleh pemerintah Kota Paris, untuk mengenang jasa astronom Frances Arago. Dia pada awal abad ke 19 menyusun Paris Meridian. Ini adalah garis meridian nol derajat pertama, sebelum diganti dengan Greenwich Meridian yang berlaku saat ini. Sebanyak 135 medali disebar membelah Paris dari utara ke selatan tepat dalam garis Paris Meridian.

Namun, mitos sudah berkembang sejak Arago menyusun Paris Meridian. Sebab, garis ini tepat melewati banyak bangunan penting seperti Louvre yang dulunya istana kerajaan sampai Gereja Saint Sulpice. Legendanya adalah garis ini adalah simbol keturunan suci Maria Magdalena yang melintasi gereja dan istana dan disebut Rose Line oleh kelompok rahasia Priory of Sion di mana Leonardo da Vinci juga anggotanya.

Di sekitar Louvre, sebuah medali dipasang di trotoar di jalan Rue de Rivoli, tepat di jalan masuk menuju Lapangan Napoleon atau halaman Louvre. 5 Medali lain disebar di lapangan ini, tepat di belakang Piramida Kaca Louvre yang terkenal.

Ada turis yang tampak awas dengan medali ini dan berfoto-foto. Namun sebagian besar tidak menyadari keberadaan medali ini.

Hanya saja, menjadi populer bagi Medali Arago membawa dampak negatif juga. Arago tidak luput dari tangan-tangan jahil yang ingin mengkoleksinya. Sebuah medali tepat di sebelah piramida kecil, sudah hilang dicongkel orang.

Untuk menggenapkan penelusuran Da Vinci Code ini, para penggemar harus menuju La Pyramide Inversee. Ini adalah piramida kaca terbalik yang menjadi sumber masuknya cahaya ke lobi Museum Louvre. Dari dalam museum terlihat piramida kaca ini digantung terbalik, di bawahnya ada lagi piramida kecil yang nyaris bersentuhan. Dan Brown dalam novelnya mengklaim di sinilah letak persis makam Maria Magdalena.

Orang boleh percaya atau tidak percaya, namun deskripsi soal Arago Lines dan piramida ini memang persis adanya. Jika Robert Langdon dalam novel pada akhirnya berlutut di depan piramida terbalik ini, para turis mengungkapkan suka cita dengan berfoto di bangunan unik ini.

Monalisa dan Sejuta Pesona Louvre


Mengagumi Kemegahan Versailles
Paris - Popularitasnya jauh lebih besar dari ukuran kanvasnya. Itulah lukisan Monalisa yang menjadi sumber pesona Museum Louvre, museum yang paling banyak dikunjungi orang se-dunia.

Musée du Louvre, begitulah masyarakat Paris menyebut museum nasional yang dahulu adalah istana raja Prancis ini. 8,5 Juta pengunjung datang setiap tahun untuk melihat lebih dari 35.000 benda seni dan bersejarah. Namun yang paling menjadi maha karya di museum ini adalah lukisan Monalisa karya Leonardo da Vinci.

Louvre berada tepat di jantung kota Paris, 1er Arrondissementatau distrik nomor satu, tepat di tepi Sungai Seine. Louvre adalah museum yang sangat luas yang terbagi menjadi 3 bagian membentuk huruf ‘U‘, yaitu sayap
Richelieu menghadap Utara, sayap Sully yang menghadap Timur dan sayap Denon yang menghadap Selatan.

Di tengah-tengah adalah lapangan Napoleon di mana terdapat pintu masuk museum berupa Glass Pyramide. Ini adalah sebuah bangunan piramida kaca yang unik dan futuristis, kontras dengan keseluruhan bangunan museum yang berarsitektur klasik. Dari piramida kaca ini pengunjung turun menuju lobi utama untuk membeli tiket.

Soal antre, jangan ditanya. Para turis harus maklum dengan antrean mengular untuk masuk ke museum dan mengantre tiket seharga 9 Euro atau Rp 135 ribu. Namun ada kiat khusus. Datanglah ke Louvre pada hari Rabu atau Jumat setelah jam 18 teng. Tiket dijual hanya 6 Euro atau Rp 90.000 dan museum sudah lebih sepi untuk dijelajahi.

Dari lobi utama di bawah lapangan Napoleon, pengunjung bebas memilih mau
menjelajah Louvre dari sisi yang mana. Tanpa basa basi saya langsung menuju Sayap Denon, Lantai 1, Ruang 6, tempat dipajangnya Monalisa. Pakai lift saja agar tidak jauh berjalan.

Sayap Denon lantai 1 adalah lokasi lukisan-lukisan karya seniman ternama di
Italia. Namun Monaliisa punya tempat paling istimewa. Dia menempati sendiri sebuah dinding di tengah Ruang 6. Ternyata, lukisan Monalisa hanya berukuran 77 x 53 cm atau sedikit lebih besar dari foto studio 24 R. Ditambah dengan tampil sendirian di dinding, Monalisa tampak semakin mungil.

Selain Monalisa, masih banyak maha karya di Museum Louvre. Di dekat Monalisa misalnya, di ruang 5, ada lukisan Da Vinci lainnya yaitu Madonna of The Rocks. Lukisan yang semakin ngetop bersama Monalisa, setelah diangkat dalam novel The Da Vinci Code karya Dan Brown. Ini adalah lukisan yang ditolak Gereja karena Da Vinci melukiskan bayi Yesus hormat terhadap bayi John dan bukan sebaliknya. Versi perbaikan dari lukisan ini dipajang di Galeri Nasional London.

Selain itu masih ada beberapa benda maha karya dan bersejarah antara lain
mahkota Raja Louis XV, patung Firaun Ramses II, prasasti Kode Hammurabi, maha karya seni Islam dan berbagai koleksi mumi dan Sphinx. Rupanya tidak cukup waktu seharian penuh menjelajah 35 ribu benda seni dan bersejarah di Louvre. Pengunjung harus bijak memilih apa yang mau mereka lihat.

Jika puas berkeliling jangan lupa membeli oleh-oleh. Lukisan repro Monalisa
edisi resmi tersedia di toko souvenir Museum Louvre dalam berbagai ukuran dan harga yang terjangkau. Jangan lupa pula La Pyramide Inversee atau piramida kaca terbalik di dekat toko souvenir. Dan Brown masih dalam novelnya The Da Vinci Code mengklaim di bawah piramida terbalik ini ada makam Maria Magdalena. Anda berhak tidak percaya, tapi berfoto di piramida terbalik ini jangan dilewatkan.


Menatap Paris dari Bukit Montmarte


Sebelum ada Menara Eiffel, ada tempat lain untuk melihat Kota Paris, Prancis dari ketinggian. Warga Paris pergi ke bukit Montmarte untuk menikmati pemandangan Paris.

Montmarte adalah sebuah bukit di sisi utara Kota Paris. Tingginya 130 meter dan menjadi daratan paling tinggi di Paris. Di puncak bukitnya terdapat gereja Basilica Sacré-Coeur yang terkenal. Biasanya warga Paris pergi ke bukit Montmarte untuk menikmati matahari terbenam.

Detikcom berkunjung ke Montmarte pada Kamis pagi, (30/4/2009). Stasiun kereta bawah tanah atau Metro terdekat adalah Anvers yang terletak di kaki bukit. Kawasan Montmarte di kaki bukitnya adalah gabungan antara pemukiman, toko-toko makanan, pakaian, dan cafe.

Terlebih lagi dengan adanya Basilica Sacré-Coeur yang menjadi tujuan wisata, semakin ramai saja kawasan ini. Satu-satunya jalan utama menuju bukit, Rue de Steinkerque, sudah menjelma menjadi toko-toko souvenir di kanan dan kirinya.

Lepas dari Rue de Steinkerque, gereja Basilica Sacré-Coeur sudah berdiri dengan anggunnya di puncak bukit. Ada dua cara untuk naik ke puncak bukit. Turis bisa menaiki ratusan anak tangga, atau naik kereta Funiculaire atau kereta yang lebih mirip seperti lift untuk memanjat naik ke atas bukit.

Cukup membayar 2 Euro sekali naik. Tapi kalau anda sudah membeli tiket harian Mobilis untuk segala transport di Paris, anda tinggal melenggang naik Funiculaire. Kereta ini akan mengantar anda ke atas bukit, di hadapan gereja Basilica Sacré-Coeur.

Pemandangan indah kota Paris pun menanti anda. Dari bukit Montmarte terlihat Kota Paris luas menghampar. Sayangnya Menara Eiffel tidak terlihat karena terhalang pohon dan bangunan di sekitar Funiculaire.

Para turis duduk berjejer di tangga menuju halaman gereja sambil menikmati pemandangan Paris dari ketinggian. Kebanyakan mereka juga sekalian berjemur menikmati matahari. Seorang pemain harpa mengamen di tengah para turis memainkan musik merdu. Para pedagang asongan pun berkeliling berjualan souvenir.

Dari depan gereja, Basilica Sacré-Coeur tampak sangat besar dengan tiga kubah tinggi menjulang. Pengunjung juga bisa berkunjung ke dalam Sacré-Coeur, namun tidak boleh berfoto di dalam gereja. Sacré-Coeur adalah gereja Katolik yang sudah berumur 90 tahun. Gereja ini dibangun sebagai penghormatan atas rakyat Prancis yang gugur dalam perang melawan kerajaan Prussia (Jerman) pada 1870.

Simpang 12 Arc de Triomphe


Paris - Kota Paris, Prancis adalah kota dengan monumen yang paling banyak dikenal orang. Selain Menara Eiffel, atau Piramida Louvre, orang pasti ingat Paris kalau melihat monumen Arc de Triomphe.

Monumen Arc de Triomphe berbentuk gerbang besar menghadap jalan Champs Elysees. Keduanya seolah menjadi pasangan obyek wisata yang wajib dikunjungi para turis. Jika mengunjungi Arc de Triomphe, sekalian juga menikmati suasana jalanan Champs Elysees.

Arc de Triomphe dapat diartikan sebagai 'Gerbang Kemenangan'. Adalah Kaisar Prancis Napoleon Bonaparte yang pada 1806, memerintahkan dibangunnya sebuah monumen untuk merayakan kejayaan Prancis dalam peperangan di Eropa.

Peletakan monumen pun di tengah jalan simpang 12 di kawasan yang kini bernama Place Charles de Gaulle. Otomatis, Arc de Triomphe menjadi saksi bisu hiruk pikuk persimpangan jalan paling ramai di Paris ini. Para turis jangan nekat menyeberang jalan demi mencapai Arc de Triomphe, kalau tidak ingin terserempet mobil atau skuter.

Sebuah terowongan bawah tanah dibangun dari tepi jalan Champs Elysees tembus di samping monumen. Pagi hari adalah suasana yang tepat untuk mengunjungi Arc de Triomphe sebelum berkeliling Paris.

Jika melihat Arc de Triomphe dari dekat, maka dindingnya dihiasi dengan nama para jenderal dari pasukan Napoleon. Monumen ini pun dihiasi dengan berbagai ornamen yang indah. Arc de Triomphe tegak berdiri dengan ukuran 45 x 22 meter dan tinggi 49,5 meter.

Namun Arc de Triomphe tidak hanya menjadi monumen perang masa silam. Monumen ini sekaligus menjadi monumen perang untuk tentara Prancis yang gugur dalam Perang Dunia II, Perang Indochina dan Perang Korea. Sebuah api abadi dinyalakan tepat di bawah lengkungan Arc de Triomphe untuk mengenang para pahlawan tanpa nama.

Para turis bisa juga menaiki 284 anak tangga ke puncak monumen untuk melihat pemandangan di sekitar Champs Elysees. Namun mereka harus merogoh kocek 9 Euro atau sekitar Rp 135 ribu.

(fay/mok)

 
Pesona Wisata di India PDF Print E-mail
India merupakan tujuan wisata popular yang mempesona wisatawan dari seluruh penjuru dunia.
Ada beberapa tempat yang dapat dituju,Kota Agra yang terletak di tepi Sungai Yamuna misalnya.
Di kota yang didirikan oleh Kaisar Babur dari Mughal ini, para pelancong dapat melihat tempat-tempat yang menjadi ikon wisata dunia seperti Taj Mahal dan Benteng Agra.
Taj Mahal yang dibangun oleh  KaisarMughal Shah Jahan untukmengenang istrinya, Mumtaz Mahal dianggap sebagai contoh terbaik arsitektur Mughal. Bangunan bergaya arsitektur Persia, Turki,India dan Islam ini pada tahun 1983 dinyatakan sebagai salah satu UNESCO World Heritage Site dan disebut sebagai permata dalam senirupa Muslim di India.
Taj Mahal sendiri merupakan suatu komplek bangunan terpadu yang pembangunannya rampung pada tahun 1648. Ustad Ahmad Lahauri dianggap sebagai perancang utama Taj Mahal.
Sementara Benteng Agra merupakan salah satu benteng penting di India. Para Penguasa Mughal dahulu tinggal di sini.
Akan halnya dengan Kota Jaipur yang dibangun oleh Sawai jai Singh. Daya tarik kota ini adalah bazaar-bazarnya yang penuh warna-warni, dengan kerajinan-kerajinan tangan, serta pernak-pernik lain dari Rajasthan.
Tak jauh dari Jaipur,kurang lebih berjarak 11 km, terdapat Amber Fort yang merupakan contoh arsitektur gaya Rajput dengan teras-teras serta tangga-tangga naik yang tercermin di Danau Maola dibawahnya.
Benteng Amber yang asli sekarang dikenal sebagai Benteng Jaigarh. Menghadap ke danau Maotha,konon benteng ini dahulu merupakan tempat menyimpan harta para penguasa Kacchwaha.
Yang paling menakjubkan dan patut dilihat adalah lorong kaca cermin. Ketika dihuni oleh keluarga bangsawan,pada malam hari ketika mereka harus melewati lorong dan membutuhkan cahaya, mereka akan menyalakan satu lilin dank arena adanya begitu banyak cermin-cermin kecil, seluruh ruangan akan menjadi terang. Menarik bukan?
(Kompas Klasika,7 Mei 2009 by Girish P Sadhani)


 
Padang,Sumatera Barat PDF Print E-mail

MENIKMATI KOTA SANG MALIN KUNDANG

 
Legenda si anak durhaka, Malin Kundang, memang tak pernah lekang di makan zaman. Batu yang diyakini sebagai sosok Malin Kundang yang dikutuk ibunya masih 'pasrah' membungkuk di tepi pantai Air Manis di Selata kota padang, Sumatera Barat. Setiap pekan, saat senja, pantai ini tak pernah sepi dikunjungi wisatawan.
 
Pantai air manis yang menjadi 'rumah' si Malin Kundang ini hanyalah satu diantara beberapa pantai yang mempesona di Padang. Pantai lain yang tak kalah menariknya adalah Pantai Padang. Lokasinya tepat di pusat kota, di sore hari pantainya yang coklat jadi arena bermain anak-anak dari kampung sekitar. Jika lebih menyukai bermain langsung di tepi laut dengan berbaqi biota laut seperti terumbu karang dan ikan karangnya, Anda bisa mengunjungi Pantai Taman Nirwana. Jika beruntung, Anda bisa membawa cangkang kerang berukuran besar di sana.
 
Berwisata ke kota Padang, rasanya kurang afdol tanpa menyebut nama Bukit Tinggi. Kota yang terkenal dengan jam gadang yang dibangun pada 1926 ini menyimpan banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Misalnya benteng Ford de Kock, Lobang Jepang, serta Ngarai Sianok yang memiliki kedalaman hingga 100 meter. Mencapai Bukittinggi tak sulit, karena jalannya yang menghubungkan dari Padang cukup nyaman dilalui mobil sekalipun melewati hutan lebat, perbukitan dan gunung-gunung. bahkan perjalanan sekitar tiga jam dengan mobil inilah yang penuh dengan pesona.
 
Memasuki kawasan hutan, cuaca terik di pusat kota dijamin langsung hilang berganti sejuk. Jalanan berkelok tajam nyaris membentuk "L" dan tanjakan curam bakalan sering dilalui. Menariknya, kanan kiri sisi jalan merupakan jurang dengan ketinggian hingga lebih dari 50 m. Yang tampak hanyalah pohon-pohon raksasa berusia ratusan tahun tinggi menjelang diselimuti kabut putih. Sekedar tips aja, bukalah kaca jendela mobil anda lebar-lebar, matikan mesin pendingin, dan nikmati segarnya udara khas pegunungan yang masih alami.
 
Saat melintasi jalan yang di kiri-kananya hutan lebat, tepatnya di kawasan Lembah Anai, segerombolan kera gunung liar berjajar rapi di pinggir jalan seolah siap menyapa "welcome to the jungle" kepada siapa saja yang lewat. Di tempat ini Anda juga akan menemukan pemandangan air terjun dengan ketinggian sekitar 20 meter, lengkap dengan area peristirahatan. Mampirlah sejenak, sesaplah teh hangat dengan telur ayam kampungnya. Jangan lupa mencicipi lemang tapai atau roti canenya. Ditanggung tubuh anda akan langsung segar.
 
Jika musimnya pas, biasanya akhir tahun dibukit tinggi ini anda bisa menyaksikan perburuan babi hutan. Yang menarik menjelang perburuan, Anda bisa menyaksikan jalanan yang dipenuhi anjing-anjing dengan bentuk ekor yang khas, lurus ke atas. Pemandangan tak terlupakan. Belum lagi ramainya gonggongan mereka.
Tapi ada satu lagi yang tak boleh dilupakan, oleh-olehnya. Ada banyak buah tangan khas dari kawasan Sumatera Barat ini. Misalnya, kain songket yang dapat dibeli lansung ke lokasi pembuatannya di Kampung pandai Sikek, di Kabupaten Tanah Datar, Kecamatan Sepuluh Koto, Koto Baru atau Padang Panjang.
 
Kalau suka cemilan, ada keripik balado. Rasanya pedas luar biasa. Warnanya merah karena dibalut bumbu yang didominasi cabai merah. Kalau tak suka pedas ada Kripik Sanjai. Dipadang juga ada makanan yang cukup langka ditemui di daerah lain, yaitu ikan bilih dari danau  Singakarak. Ikan yang konon hanya hidup hanya bisa hidup di danau Singkarak, Solok ini bentuknya mirip teri, hanya saja memiliki rasa yang gurih. Tak heran bila sepiring kecil ikan bilih di restoran padang harganya terbilang cukup mahal. Sedangkan di danau Singkarak, sekilo ikan bilih bisa anda dapatkan dengan selembar uang Rp 50 ribu saja.
 
Hmmmmmm....perut kenyang oleh ikan bilih dan lemang tapai, sekantung kripik balado sudah ada ditangan, koperpun sesak oleh kain songket. Sementara kamera penuh dengan hasil jepretan disepanjang perjalanan yang masih memiliki segudang rumah adat ini. Batu penjelmaan sang anak durhaka pun tak luput dari lensa kamera. Padang, kota asal Malin kundang ini memang penuh kenangan. (sumber : Tempo)
 
 
 
 
Tips Memilih Hotel Saat Bepergian PDF Print E-mail
 

TIPS MEMILIH HOTEL SAAT BEPERGIAN


Bagaimana Anda memilih hotel saat bepergian? Yang penting murah? Jangan pernah meremehkan tempat Anda beristirahat malam, terutama ketika sedang liburan atau dalam perjalanan bisnis. Berikut ini sejumlah tips yang perlu diperhatikan saat memilih dan menginap di hotel.

SmileKekuatan pilihan
Pilih hotel yang tepat merupakan separuh dari pertempuran. Banyak orang hanya butuh beberapa menit untuk mengamati kamar hotel, patokannya seringkali hanya harga yang paling murah. Meski harga merupakan pertimbangan umum, ingat bahwa semua hotel ingin kamarnya penuh dan pengelola hotel akan berjuang untuk memenuhi kamar-kamarnya setiap malam. Jadi, jangan sampai terjebak.
SmileUntuk memperoleh hasil terbaik, pesanlah kamar terlebih dahulu melalui biro perjalanan dan cobalah fleksibel dengan jadwal. Hotel yang target pasarnya pelaku bisnis biasanya punya tarif murah di akhir pekan yang mereka pertimbangkan sebagai off season.
SmileHubungi biro perjalanan, biro seperti itu bisa mengerti kebutuhan dan harapan Anda. Mereka dapat memilih hotel terbaik berdasarkan pelayanan dan kenyamanan yang tersedia, serta kedekatannya dengan pusat kota, bandar udara, restoran, dan aneka tempat hiburan.
SmileReservasi
Meskipun pemesanan tiket online sudah merupakan sebuah pilihan, tetap disarankan untuk memesan melalui biro perjalanan. Jika Anda memilih kontak langsung ke hotel, bisa juga tetapi harus siap dengan biaya tambahan untuk biaya telepon. Banyak hotel punya nomor bebas pulsa yang bisa dihubungi. Jika tidak ada nomor seperti itu, dan Anda harus telepon ke hotel secara langsung, sebaiknya telepon sore atau malam hari karena pagi merupakan waktu tersibuk yaitu saat para tamu check out.
SmileBegitu kamar tersedia, dokumentasikan semua informasi tentang hotel dan rencana perjalanan untuk ditinggalkan kepada seorang teman atau tetangga jika terjadi kondisi darurat.
SmileJika Anda pesan kamar hotel lewat biro perjalanan, buatlah salinan konfirmasi dari reservasi yang mereka berikan kepada Anda, yang menyatakan dengan jelas informasi mengenai hotel dan tanggal kedatangan serta tanggal Anda keluar. Bawalah informasi tentang konfirmasi atau print out reservasi dari e-mail ketika Anda chek in. Hotel bisa saja tidak secara sengaja memasukan informasi reservasi yang salah atau tidak benar, maka sangat bijak jika Anda membawa semua berkas tentang reservasi itu untuk berjaga-jaga.
SmileKeterlambatan
Tidak ada yang lebih buruk dari pada mengemudi sepanjang hari dan tiba di hotel hanya untuk mengetahui reservasi Anda sudah hangus atau tidak ada kamar yang tersedia. Kunci agar tidak pernah mengalami hal seperti ini adalah mengetahui berapa lama toleransi untuk kerterlambatan. Kebanyakan jaringan hotel akan menahan reservasi normal sampai jam enam sore. Bagi yang tiba lebih malam akan diminta menjamin pemesanan dengan memberikan nomor kartu kredit. Dengan jaminan Anda akan aman, bahkan bagi mereka yang tiba setelah tengah malam, ranjang hangat tetap menanti. Hotel berhak membatalkan reservasi yang belum dijamin. Bila Anda terlambat, telepon ke hotel dan minta mereka untuk menahan reservasi Anda sampai Anda tiba.
SmileTidak ada kamar
Meskipun tidak mendapat kamar karena over-booking atau kesalahan dalam reservasi, tidak usah panik dan hilang semangat. Banyak hotel akan ikut membantu mengatasi masalah itu dengan memberi tawaran untuk menginap di hotel yang masih dalam satu jaringan yang letaknya berdekatan. Jika reservasi Anda yang hangus itu dijamin, pastikan bahwa kualitas kamar di hotel yang baru sama atau lebih baik, dan Anda tidak dibebankan biaya tambahan. Hotel juga harus menanggung biaya transportasi Anda ke sana. Jika hal-hal ini tidak ditanggung, mintalah untuk bicara dengan manajer atau kontak biro perjalanan guna meminta bantuan.
SmileCustomer service penuh senyum
Sebagai konsumen yang berharga, kepuasan Anda sangat penting. Staf hotel telah dilatih bekerja dari waktu ke waktu untuk memenuhi kebutuhan Anda. Namun masalah dapat saja muncul, seperti tetangga kamar yang reseh (tidak kooperatif). Maka, cari tahulah hirarki layanan pelanggan di hotel untuk mendapat solusi yang cepat. Telepon ke biro perjalanan selalu merupakan langkah pertama yang baik, sehingga mereka bisa bicara dengan pihak hotel dan mengetahui jalan keluar dari setiap masalah. Meski sebatas pembelaan dan anjuran, biro perjalanan biasanya dapat meredakan banyak situsi sulit yang dapat memuaskan Anda dan pihak hotel.
SmileDi hotel, petugas front desk terlatih untuk menangani persoalan tanpa melibatkan manajer. Maka, sampaikan masalah Anda secara jelas dan biarkan mereka mengatasinya. Dari sikat gigi yang kelupaan sampai relokasi kamar, petugas font desk akan menawarkan bantuan yang cepat dan langsung. Jika keluhan Anda di luar jangkau mereka, mintalah secara santun untuk bertemu dengan manajer. Para manajer lebih memahami pentingnya kesetiaan konsumen dan memiliki kewenangan untuk menawarkan diskon kepada tamu pada saat itu atau untuk masa datang. Jika tidak ada yang bisa dilakukan dengan manajer, kontaklah departemen customer service. Untuk itu, pastikan Anda menulis dengan benar nama orang dengan siapa Anda bicara, tanggal menginap, harga serta persoalan yang dihadapi.
SmileCheck in
Satu-satunya soal ketika chek ini seharusnya hanya saat di konter. Dengan pemesanan yang sudah dibuat, pihak hotel menginginkan Anda untuk menempati kamar secepatnya. Jika semua informasi telah konfirmasi, pastikan bahwa harga yang diberikan adalah harga yang sesungguhnya. Tanyakan waktu check in yang biasa dan tanyakan pertanyaan spesfik tentang area dan layanan yang diberikan. Mintalah kartu nama hotel untuk berjaga bila Anda tersesat.

Hal-hal yang mungkin Anda butuhkan

Hal-hal yang diperlukan sangat bergantung pada kebutuhan Anda, tanyakan apakah hotel menawarkan atau menyediakan hal-hal berikut:
*Layanan laundery atau papan setrika dan seterika di ruangan
*Pengering rambut
*Voltage converters
*Mesin pembuat kopi, kulkas atau perlengakapan dapur dalam kamar
*Koran pagi
*Makan pagi
*Akses ke mesin faks, fotokapi atau printer, internet
*Mini bar
*Kotak penyimpanan dalam kamar (in-room safe)
*Tv kabel, film atau video games
*Fasilitas rekreasi
*Akses telepon ke luar
*Tempat parkir yang memadai
*Fasitas antar jemput ke bandara atau ke tampat lain
*Ranjang bayi atau kasur gulung

Tidur nyenyak - cara menginap yang aman

Keamanan merupakan prioritas bagi Anda dan pihak hotel. Begitu memasuki kawasan hotel, berhati-hati dan waspadalah. Jika Anda membawa mobil, parkirlah di tempat yang terang, dekat jalan masuk ke kamar Anda, kunci semua pintu serta simpan barang-barang berharga dalam bagasi dan tidak terlihat. Jika diberi pilihan, mintalah kamar dengan koridor jalan masuk di dalam. Saat di resepsionis mintalah penjaga menuliskan nomor kamar Anda sehingga tidak ada yang dapat mendengarnya dan simpan kunci kamar Anda secepatnya jika ada nomor kamar tercetak di atasnya.
Begitu berada di kamar, kunci pintu dengan kunci dan chain lock dan cari tahu penjelasan tentang pintu darurat yang biasanya ada di belakang pintu. Jangan buka pintu untuk siapa pun meskipun Anda sedang menunggu seorang teman atau room service, kecuali Anda mengenal orang tersebut dari suara maupun lewat lobang intip.

Check out

Setelah selesai menginap, chek out semestinya merupakan pengalaman yang menyenangkan sepanjang tidak ada kejutan, seperti barang tertinggal atau tagihan ekstra. Periksa kamar secara menyeluruh sebelum keluar, termasuk laci-laci, kloset, dan kamar mandi terutama di balik tirai shower dan di belakan pintu kamar mandi.

Banyak hotel menentukan jam check out bervariasi antara pukul 11.00 - 14.00. Jika Anda butuh tambahan waktu mintalah di awal atau Anda akan dikenakan biaya tambahan satu malam. Periksalah tagihan untuk memastikan semua biaya akurat, dan Anda menerima diskon yang pantas. Saat melakukan transaksi. mintalah tanda terima.

Tip


Setiap kota atau kawasan atau negara punya kultur atau kebiasaan berbeda tentang pemberian tip, demikian juga dengan besarnya tip. Di Amerika misalnya, tip untuk doorman yang menghentikan taksi mencapai 1-2 dollar, sekitar Rp 10.000 - 20.000, angka jadi lebih besar jika si doorman menghentikan taksi dalam cuaca buruk. Baiklah disebutkan saja siapa yang perlu diberi tip. Selain doorman yang perlu diberi tip adalah petugas housekeeping, room service, bellhop atau porter, valet, dan petugas tempat penitipan (concierge).

Akhirnya, selamat menikmati liburan berikutnya di hotel pilihan Anda (Egidius Patnistik)



Read more...
 
<< Start < Prev 1 2 3 Next > End >>

Results 19 - 27 of 27
© 2017 Traguna Tour & Travel
- All Rights Reserved -
Traguna Tour. Telp: ( 62 ) ( 21 ) 7947477. Fax: ( 62 ) ( 21 ) 7947177. Email: tragunatour@cbn.net.id